Saturday 14 May 2011

Rumah Desa Tuntut Pengaspalan Jalan

Rumah Desa; Pusat Pengembangan Sumberdaya Pemuda Pedesaan mendatangan Komisi IV DPRD Kabupaten Lombok Timur di Selong (02/05/2011). Kedatangan mereka dalam rangka meminta DPR untuk mengaspal jalan jalur Montong Baan-Pringgajurang. Oleh karena itu, Komisi IV juga menghadirkan pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lombok Timur.

Dalam audiensinya, 11 orang pengurus Rumah Desa yang dipimpin oleh ketuanya, Muhamin Jayadi menyebutkan bahwa kondisi jalan jalur Montong Baan-Pringgajurang tidak layak pakai sejak rusak pasca pengasapalan pertama tahun 2000. Padahal jalan tersebut merupakan jalan strategis karena jalur lurus menuju wisata air terjun Otak Kokok.

Yang tak kalah pentingnya menurut Muhamin adalah jalan tersebut melewati kawasan pertanian. Jadi dalam rangka memasarkan hasil pertaniannya, mereka membutuhkan jalan yang layak. Tidak seperti kondisi saat ini yang rusak, jembatan bolong dan dilalui air deras saat musim hujan.

Selain itu, jalan ini sangat dibutuhkan oleh para pelajar. Dengan kondisi jalan seperti ini membuat para pelajar enggan pergi ke sekolah. "Untuk sekolah setingkat SLTP saja, pelajar sekitar harus menempuh 2,5 km dengan jalan kaki. Di sebelah barat ada SMPN Montong Gading, di sebelah timur MTs NW Loyok lewat jalur persawahan. Di sebelah selatan MTs NW Montong Baan dan di sebelah utara MTs. NW Pringgajurang. Semuanya dilalui dengan kondisi yang tidak layak," terangnya.

Jadi dalam rangka meningkatkan sumberdaya ekonomi dan pendidikan masyarakat yang tinggal di kawasan jalan ini, maka pemerintah harus memperbaiki jalannya. Terdapat sekitar 5000 penduduk yang berkepentingan dengan jalan yang melewati empat wilayah desa tersbut yaitu Montong Baan, Pringgajurangf, Loyok dan Montong Betok. (rd)

2 comments:

Unknown said...

saya dukung untuk pengaspalan. emang penguasa harus didobrak supaya mau mengurusi rakyatnya. guru SD lotim

Muji J....... said...

Bakar kantor DPRD, janjinya ja dari dulu..,

Post a Comment