Thursday 2 April 2009

Oven Tembakau Masih Butuh Mitan

Pengusaha tembakau Virginia Lombok belum semuanya melakukan konversi oven tembakau dari Minyak Tanah (MITAN) ke Batubara. Untuk itu mereka tetap membutuhkan pasokan MITAN bersubsidi dari pemerintah pusat.

Kuota minyak tanah untuk oven tembakau di NTB pada tahun sebelumnya adalah sebanyak 27 juta liter dari total 45 juta liter yang dibutuhkan. Jumlah ini untuk menghidupi 13.509 unit oven yang kebanyakan tersebar di Pulau Lombok. Sementara tahun ini saja, jumlah oven yang ada sudah mencapai 2500 buah, sehingga dibutuhkan tambahan kuota yang sangat besar.

Untuk mengatasi masalah ini, Gubernur NTB, TGKH. Zainul Majdi, MA, telah meminta bantuan secara lisan ke pemerintah pusat, melalui Wapres RI Yusuf Kalla. Majdi berharap Departemen terkait bisa menindaklanjuti persetujuan Kalla dalam tataran teknis, sebagaimana yang terjadi tahun 2008 lalu. Penambahan kuota MITAN bersubsidi ini demi keberlanjutan usaha tani tembakau di Pulau Lombok yang sejauh ini memiliki andil besar dalam memasok bahan baku pabrik rokok

Sumber: Sasak.Org

0 comments:

Post a Comment